Mengenal Fungsi Sentrifugal dan Cara Kerjanya

fungsi sentrifugal adalah

Dalam dunia otomotif dan industri, istilah sentrifugal memiliki peranan yang cukup penting. Fungsi sentrifugal sendiri akan mengambil peran dalam menunjang sistem kerja pada mesin kendaraan atau mesin industri. Karena perannya tersebut, perlu dipahami seperti apa fungsi serta cara kerjanya.

Sentrifugal sendiri memiliki arti sebagai gaya yang bekerja dengan mendorong atau menarik objek dari pusat rotasi. Dalam dunia otomotif, sentrifugal ini umumnya terletak pada mesin kendaraan, tepatnya pada ruang pembakaran atau ruang pengapian mesin. Dalam mesin industri pun juga demikian.

Pengertian Sentrifugal (centrifuge)

fungsi sentrifugal adalah

Seperti sudah dijelaskan di atas, sentrifugal adalah sebuah gaya yang bekerja dengan cara mendorong atau menarik objek dari pusat rotasi. Gaya sentrifugal ini memiliki sifat menjauh dari pusat rotasi, dan memiliki besaran yang sama dengan gaya yang berada pada pusat lingkaran atau gaya sentripetal.

Dengan adanya gaya sentrifugal tersebut, akan didapatkan keseimbangan pada benda-benda yang berada pada lintasan melingkar. Dengan kata lain, gaya sentrifugal tersebut akan membuat benda berada pada posisi yang seharusnya dari pusat lingkaran.

Pada mesin, gaya sentrifugal terletak pada sistem yang sangat penting, tepatnya ada di ruang pengapian. Di sini, fungsi sentrifugal adalah memajukan proses pengapian yang disesuaikan dengan kecepatan putaran mesin.

Dengan adanya sentrifugal, tekanan pembakaran maksimum yang dihasilkan akan tetap berada pada dekat piston, meskipun gerakan naik turun piston semakin cepat. Tetapi, setelah piston melewat TMA, tekanan pembakaran maksimum yang dihasilkan tetap.

Baca juga pompa priming pump, alat yang biasa bermanfaat dalam prose pembakaran pada mesin kendaraan bermotor.

Fungsi Utama dari Sentrifugal (centrifugal)

Berdasarkan prinsip gaya sentrifugal, yaitu mendorong atau menarik objek dari pusat rotasi, serta menyeimbangkan benda-benda pada area lingkaran, Fungsinya pun sesuai. Di sini, sentrifugal memiliki fungsi pokok untuk mengubah energi kinetik menjadi energi potensial melalui impeler yang berputar.

Dalam hal ini, impeler merupakan rotor yang digunakan untuk meningkatkan tekanan dan aliran fluida. Dengan tekanan yang dihasilkan, ini nantinya akan berfungsi untuk memajukan waktu pengapian sehingga menjadi lebih cepat dari biasanya. Kompresor inilah yang fungsi pokoknya.

Pada mesin kendaraan atau mesin industri, sentrifugal ini berfungsi untuk mempercepat proses dalam sistem pengapian. Pemajuan sistem pengapian ini bisa terjadi apabila putaran pada mesin berlangsung dengan cepat, karena kerja sentrifugal ini memang dipengaruhi oleh kecepatan putaran.

Ketika putaran mesin masih berjalan dengan lambat, maka secara otomatis sistem pengapian juga tidak bisa berjalan secara maksimal. Alasannya karena pada kondisi ini putaran mesin yang lambat belum mampu memaksimalkan fungsi sentrifugal untuk mendorong objek dari pusat rotasi.

Sentrifugal akan bekerja secara maksimal ketika putaran yang terjadi sudah pada tahap kecepatan yang maksimal. Pada saat putaran sudah pada tahap maksimal itulah, sentrifugal bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu untuk mempercepat sistem pengapian yang terjadi pada mesin.

Cara Kerja Motor Sentrifugal

Pada dasarnya, cara kerja sentrifugal sesuai dengan prinsip dari gaya sentrifugal itu sendiri, yaitu mendorong atau menarik objek dari pusat rotasi atau lingkaran. Adanya gaya sentrifugal tersebut, akan menyebabkan benda yang ada pada sekitar lingkaran berada pada posisi seimbang.

Terdapat dau macam jenisnya yaitu kopling dan matic. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda. da juga mesin kapasitor, vacuum, compressor dan blower. Semua ini mestinya bekerja efektif, kecuali ada filter atau ketika ada timer untuk menhentikannya. Komponen bioteknologi juga dimungkinkan jika ada yang mengembangkannya.

Cara kerja sentrifugal sendiri dibagi menjadi beberapa tahapan, sesuai dengan kecepatan putaran mesin. Semakin cepat putaran mesin, maka semakin cepat pula putaran pada poros distributor. Secara garis besar, cara kerja sentrifugal dan pembagiannya bisa disimak di bawah ini.

  • Pada Putaran Mesin Idle (Stasioner)

Kerja sentrifugal pada tahap ini terjadi saat mesin berputar dalam keadaan idle atau stasioner. Pada tahap ini, putaran mesin masih bergerak dengan pelan atau lambat.  Dengan demikian, maka putaran yang terjadi pada poros distributor juga berlangsung dengan lambat.

Pada tahap ini, fungsi sentrifugal adalah sebagai pemberat atau bobot dan belum bisa mengembang keluar. Hal ini disebabkan oleh pegas penahan yang sangat kuat, yang mengakibatkan pelat kurva belum tertekan. Akibatnya, sentrifugal belum bisa mengembang keluar dengan kuat.

Berdasarkan prinsip kerja gaya sentrifugal, ia bekerja sesuai dengan kecepatan putaran mesin. Maka, pada tahap ini, saat mesin masih berputar lambat, gaya yang dihasilkan untuk menekan kedua sisi plat berkurva agar bisa mengembang keluar belum bisa didapatkan.

Dengan demikian, ketika plat kurva belum tertekan, maka poros cam juga belum bisa ditekan maju. Disini, pengapian pada mesin juga belum bisa dimajukan, dan posisi komponen poros distributor maupun poros rotor masih berimpit. Pada tahap ini, masih merupakan tahap awal dari kerja sentrifugal.

  • Pada Putaran Mesin Rendah Sampai Putaran Mesin Menengah

Fungsi sentrifugal akan lebih dominan berperan pada tahapan kerja sentrifugal selanjutnya, yaitu pada tahap putaran mesin rendah sampai putaran mesin menengah. Tahap ini terjadi setelah putaran mesin mengalami kenaikan kecepatan atau berputar lebih cepat.

Putaran yang terjadi pada mesin sendiri berlangsung secara bertahap. Dimulai dengan putaran yang masih lambat, sedang atau menengah, dan pada putaran yang lebih cepat. Pada tahap ini, putaran mesin sudah lebih cepat yang mengakibatkan putaran pada poros distributor juga naik.

Dengan semakin cepatnya putaran yang terjadi dari poros distributor, maka pemberat sentrifugal mulai mengembang keluar. Akibat dari mengembangnya pemberat sentrifugal tersebut, secara otomatis, plat kurva juga mulai ikut tertekan.

Dalam kondisi ini, saat plat kurva tertekan keluar, poros cam atau poros governor akan ikut tertekan maju. Pada saat inilah, terjadi pemajuan pengapian atau timing pengapian hingga mencapai beberapa derajat, akibat tekanan yang terjadi pada poros distributor.

Tetapi, pemajuan pengapian yang terjadi pada tahap ini belum terjadi terlalu jauh. Artinya, timing pengapian yang terjadi belum dimajukan sepenuhnya, karena pada saat ini hanya salah satu pegas yang menahan pergeseran poros rotor, sehingga pemajuan belum terlalu jauh.

  • Pada Putaran Mesin Tinggi

fungsi pompa sentrifugal

Tahap selanjutnya dari cara kerja sentrifugal adalah tahap putaran mesin tinggi. Tahap ini terjadi ketika putaran mesin sudah terjadi pada tahap maksimal. Dengan kata lain, pada tahap ini mesin sudah berputar cepat sehingga poros distributor pun perputarannya mengikuti alur tersebut.

Akibat dari putaran maksimal  yang terjadi pada tahap ini, secara otomatis pemberat atau bobot sentrifugal akan mengembang keluar dengan sangat kuat. Dengan demikian, maka plat kurva juga akan tertekan dengan kuat.

Ketika plat kurva tertekan dengan kuat keluar, maka poros governor atau poros cam juga akan tertekan maju. Pada tahap ini, semua pegas menahan pergeseran poros rotor,  yang mengakibatkan pemajuan timing pengapian bisa terjadi secara maksimal. Ada kipas (fan) yang berfungsi mendinginkan sistem.

Pada tahap putaran mesin tinggi inilah terjadi pemajuan waktu pengapian, sehingga pengapian terjadi lebih awal dibandingkan waktu pengapian yang seharusnya. Selanjutnya, prinsipnya adalah, semakin cepat putaran mesin, maka semakin cepat pula pengapian yang terjadi.

Separator atau pemisahan biasa ada para perangkta switch, uyang berfungsi untuk membedakan masing-masing fungsi utamanya. Saklar biasanya diperlukan untuk memulai kerja mesin. Injeksi juga menjadi komponen untuk memulai prosesnya.

Fungsi sentrifugal dalam mesin kendaraan sangat mempengaruhi kinerja dari mesin tersebut. Hal ini juga berlaku pada mesin industri. Semakin besar gaya sentrifugal yang terjadi, maka semakin cepat pula pemajuan pengapian, sehingga semakin cepat pula mesin bisa dinyalakan. Advancer ini berguna banget untuk per mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *